Selasa, 25 September 2012

Media Pembelajaran MTK



MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN  MATEMATIKA

Kata media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau pengantar. Eldarni (2001:4) media adalah segala sesatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang pemikiran, perasaan ,perhatian dan minat siswa .
Manfaat media pembelajaran
Media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar dan mengajar.tidak bisa kita pungkiri keberadaan media sangat membantu guru dalam penyampaian materi yang di sajikan nya agar tujuan pembelajaran tercapai, tampa adanya bantuan media maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna, dan dipahami oleh siswa, terutama pembelajaran yang rumit, dan kompleks.setiap materi penyampaian mempunyai kesukaran yang berpariasi
Hamalik (1986) mengemukakan bahwa pemakian media pembelajaran dalam proses belajar dapat juga mem bang kitkan keinginan dan minat yang baru ,membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh- pengaruh psikologi terhadap siswa.
Sudjana dan Rival (1992)mengemukakan beberapa manfaat media daam proses belajar siswa, yaitu
1.      Dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pelajaran lebih menarik perhatian mereka.
2.      Bahan pengajaran akan lebih jelas sehingga dapat mempermudah  siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
3.      Metode mengajaran akan lebih bervariasi
4.      Siswa lebih banyak melakukan aktivitas selama kegiatan belajar.

Secara umum manfaat media pembelajaran menurut haryanto(1997:245)
1.      Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistik ( tahu katanya, tetapi tidak tau maksudnya)
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra.
3.      Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat dan berpariasi dapat atasi sifat pasikf siswa.
4.      Dapat menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
Manfaat media dalam pembelajaran matematika
Pada umumnya orang menyatakan bahwa pembelajaran matematika adalah hal yang sulit tetapi dengan adanya media pembelajaran tersebut merubah pandangan perserta didik yang awalnya tidak suka dengan pembelajaran matematika menjadi suka..
Anak didik menganggap pembelajaran matematika itu membosankan, jenuh karena selalu berhubungan dengan angka, disini lah  peran guru dalam pembelajaran guru harus bisa mengkondisikan keadaan yang seperti ini. Agar anak tidak menggap pembelajaran matematika itu hal yang membosan kan tetapi malah menyenangkan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar