MANFAAT MEDIA DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kata
media berasal dari kata medium yang secara harfiah artinya perantara atau
pengantar. Eldarni (2001:4) media adalah segala sesatu yang dapat digunakan
untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapat merangsang
pemikiran, perasaan ,perhatian dan minat siswa .
Manfaat media pembelajaran
Media
pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses belajar dan mengajar.tidak bisa
kita pungkiri keberadaan media sangat membantu guru dalam penyampaian materi
yang di sajikan nya agar tujuan pembelajaran tercapai, tampa adanya bantuan
media maka materi pembelajaran sukar untuk dicerna, dan dipahami oleh siswa,
terutama pembelajaran yang rumit, dan kompleks.setiap materi penyampaian
mempunyai kesukaran yang berpariasi
Hamalik
(1986) mengemukakan bahwa pemakian media pembelajaran dalam proses belajar
dapat juga mem bang kitkan keinginan dan minat yang baru ,membangkitkan
motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh- pengaruh
psikologi terhadap siswa.
Sudjana
dan Rival (1992)mengemukakan beberapa manfaat media daam proses belajar siswa,
yaitu
1. Dapat
menumbuhkan motivasi belajar siswa karena pelajaran lebih menarik perhatian
mereka.
2. Bahan
pengajaran akan lebih jelas sehingga dapat mempermudah siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
3. Metode
mengajaran akan lebih bervariasi
4. Siswa
lebih banyak melakukan aktivitas selama kegiatan belajar.
Secara umum manfaat media
pembelajaran menurut haryanto(1997:245)
1. Memperjelas
penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistik ( tahu katanya, tetapi tidak tau
maksudnya)
2. Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan daya indra.
3. Dengan
menggunakan media pembelajaran yang tepat dan berpariasi dapat atasi sifat
pasikf siswa.
4. Dapat
menimbulkan persepsi yang sama terhadap suatu masalah.
Manfaat media dalam pembelajaran
matematika
Pada
umumnya orang menyatakan bahwa pembelajaran matematika adalah hal yang sulit
tetapi dengan adanya media pembelajaran tersebut merubah pandangan perserta
didik yang awalnya tidak suka dengan pembelajaran matematika menjadi suka..
Anak
didik menganggap pembelajaran matematika itu membosankan, jenuh karena selalu
berhubungan dengan angka, disini lah
peran guru dalam pembelajaran guru harus bisa mengkondisikan keadaan
yang seperti ini. Agar anak tidak menggap pembelajaran matematika itu hal yang
membosan kan tetapi malah menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar